. Sejarah
Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa
1. Sejarah Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Dari
Generasi Ke Generasi
Dalam melakukan
setiap pekerjaan, pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya komputer. Pasti
kita bertanya bagaimana sih perkembangan komputer itu dari generasi sampai
generasi sekarang. berikut
penjelasannya.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer. Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat di layar monitor belum dalam bentuk print out.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer. Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat di layar monitor belum dalam bentuk print out.
Dalam definisi
seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang
memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Saat
ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5
generasi dalam sejarah komputer.
1. Generasi Pertama (1944-1959)
Tabung hampa
udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama.
Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat
sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan,
seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir
oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dan dengan adanya komponen
tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun
1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada
komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton.
begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas
tersendiri. komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30
ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.
2. Generasi Kedua (1960-1964)
Transistor merupakan
ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga
lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan
singkatan dari Transfer Resistor, yang
berarti dengan mempengaruhi daya
tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan
berikutnya dapat pula dipengaruhi diantara
keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas.
dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Pada tahun 1960-an, Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah
satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang
untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun
komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM
7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie
1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
3. Generasi Ketiga
(1964-1975)
Konsep semakin kecil
dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan
pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu
bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa
milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit
atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
Cincin magnetic
tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya
men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi
konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh
komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924cincin magnetic yang
masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada
didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.
Komputer yang
digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808,
yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory. Dapat
digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah
Apple II, PC, dan NEC PC.
4. Generasi Keempat
(1975-Sekarang)
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk
pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di
dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer
generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar.
Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang
singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi
sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro IBM PC bersaing
dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.
Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat.
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.
Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat.
5. Generasi Kelima
(Sekarang – Masa depan)
Generasi kelima dalam
sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan
mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk
menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.
Banyak kemajuan di
bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer
generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat
mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara
yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk
merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,
namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi
kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita
tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
2.
Organisasi Komputer
A.
Definisi Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturnya.
Contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hardware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hardware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Objek
Organisasi Komputer
o
Unit-unit operasional komputer
o
Hubungan antara komponen sistem komputer
o
Teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi memori, sistem
memori, dan sinyal–sinyal
Struktur
& Fungsi Komputer
o
Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu
dengan dunia luar.
o
Contoh : CPU ( Procesor), Memory Utama
o
Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan
bagian dari struktur
Fungsi
dari Komputer
o
Fungsi Operasi Pengolahan Data
o
Fungsi Operasi Penyimpanan Data
o
Fungsi Operasi Pemindahan Data
o
Fungsi Operasi Kontrol
Komputer
Sebagai Mesin Multilevel
o
Tingkatan bahasa dan mesin virtual yang mencerminkan kemudahan
komunikasi antara manusia sebagai pemrogram dengan komponen elektronik dalam
sebuah komputer sebagai pelaksana
o
Prinsip Mesin Multilevel : Semakin tinggi level mesin, semakin
mudah cara komunikasinya
Fase
Umum Perkembangan Komputer
o
Tahap Manual
Ditemukan sistem penghitungan oleh
manusia melalui hitungan jari, tanah liat. 9000 – 2500 SM : dikenal sistem
perhitungan jam, kalender, rumus, dan fungsi hitungan. Berkembang seiring
ditemukan beberapa sistem baru seperti perbankan, audit. Sampai sekarang masih
dipakai.
o
Tahap Mekanikal
Pascaline (kalkulator Tradisional) oleh
Blaise Pascal (1623 – 1662)
Logic Demonstrator ( mesin logika) oleh Charles Mahon (1777)
Logic Demonstrator ( mesin logika) oleh Charles Mahon (1777)
Babbage’s Analitycal Engine ( alat
hitung/ kalkulator, oleh Charles Babbage (1833)
o
Tahap Mekanik Elektronik
Diawali dengan penemuan mesin tabulasi
kartu plong pada tahun 1890 oleh Dr. Herman Holerith. Dari amerika membuat
mesin ini untuk digunakan sensus penduduk dan kemudian bekerja sama mendirikan
perusahaan IBM ( International Bussines Machine )
o
Tahap Elektronik
Ditandai dengan penemuan komputer
pertama ABC (Anatasoff-Berry Computer) yang menggunakan tabung hampa udara
(1942)
Dilanjut dengan MARK I oleh Howard Aiken (1944)
Dilanjut dengan MARK I oleh Howard Aiken (1944)
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian
atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan,
mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada
memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah
instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah
melalui mekanisme cache adalah kajian
organisasional. Perbedaan Utama
Organisasi Komputer
1.
Bagian yang terkait erat dengan
unit–unit operasional
2.
Contoh: teknologi hardware, perangkat
antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Arsitektur Komputer
1.
Atribut–atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer
2.
Contoh: set instruksi, aritmetika
yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme
I/O
|
B.Konsep
Dasar Operasi Komputer
Komputer adalah
serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan
jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja
yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan
serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun
program yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada
memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling
bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik
yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah
mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware
komputer atau perangkat keras komputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan
sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik
dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Dalam hal ini,
komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan
kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer
itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah
ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software
komputer atau perangkat lunak komputer.
Dalam arti yang
paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur
pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai
software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang
telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian
yang ada didalam sebuah buku.
Secara prinsip, komputer hanyalah
merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam
menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya
program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat
manusia)
Konsep hardware -
software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang
tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus
memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program
tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu
manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya
Daftar Pustaka :
Baccarat - How to Play Online Poker in Las Vegas - Urban
BalasHapusBaccarat is played for cash or prizes at the casino, such as your $5 바카라 poker hand, 제왕 카지노 $10 or more, as a bonus 1xbet korean for winning. In addition to this,